BB60 1925 (from East Maduro)

 

Berikut penuturan sahabat FOC asal Jember….,

Salam Onthel,

Suatu waktu pada pertengahan 2010 saya mendapatkan info yang datangnya begitu tiba-tiba dari seorang teman yang mengetahui keberadaan sebuah sepeda bermerk Fongers. Menurutnya kondisi frame masih kokoh, rem original, gear obat nyamuk  dan balhoof original. Namanya juga sedang jatuh cita dengan Fongers, tanpa pikir panjang dan persiapan apa pun pagi-pagi sekali langsung meluncur ke lokasi.

Awalnya saya tidak menyangka temuan fongers tersebut adalah sebuah BB60. Namun sesampainya di rumah sang pemilik, saya sungguh terkesima melihat BB60 yang begitu gagah teronggok di pojokan ruang tamu. Tanpa basa-basi sepeda langsung saya seret ke luar untuk memastikan detail bagian-bagiannya. Pas banget……! sesuai info yang saya dapatkan, rem ori masih melekat, piringan ori keling dan balhoof masih rapat terpasang.

Selanjutnya pasti sudah bisa ditebak…… terjadilah proses negosiasi dan langsung deal hari itu juga. Sesampainya di rumah langsung operasi total melengkapi part-part yang belum lengkap dan kebetulan sudah tersedia di rumah.

Saat ini kondisi sebagai berikut :

1. Frame ori dengan nomor 251-68

2. Sadel ori dengan logo Fongers yang masih jelas terbaca

3. Rem gondel model U

4. Gear depan obat nyamuk keling gigi 50

5. Pedal England

6. Setir model klem th 1925, lampu dan dinamo VT

7. Stoplamp Fongers dari generasi yang lebih muda.

8. Velg depan FG 36 hole

9. Velg belakang FG Kron Prinz 40 hole

10. Hub belakang tua

11. Hub depan tua.

Berikut tampilan detailnya…..

1 2. Setir model klem th 1925 3. Dinamo VT 4. Rem original 5. Hub Depan 6. Hub Belakang 7.Obat Nyamuk 8. No Frame 9. Velg Blkg FG Kron Prinz 40 10. Sadel FG 11. Stoplamp Fongers

Tak bisa pindah ke lain Fongers semata-mata karena saya merasakan kenyamanan yang pas saat mengendarainya, bukan karena faktor lain (coba naik fongers ukuran 75 mau ngomong apa sampean……?). Kebetulan sepeda tua yang saya kenal pertama kali saat saya masih kecil adalah Fongers D55 milik ayah saya (wongeres lebay…….!).

Just share buat pecinta Fongers khususnya dan pecinta onthel tua pada umumnya. Semoga persahabatan tetap terjalin.

Bravo onthel Indonesia.

Salam,

Miko FONGERS

21 Tanggapan to “BB60 1925 (from East Maduro)”

  1. seri C4234,,, kira2 tahun berapa ya

  2. hidup Fongers…
    aku punya fongers dz 55

  3. Siip…
    Sepedah Pethingan ikie….
    Jangan sampe pindah tangan…!

  4. sugiduit Says:

    Salam kenal mas saya dr Purwokerto,saya juga punya fongers df 55 frame no 2675-26 artinya apa ya mas.trus sepeda nya mas Ros itu diapain biar mengkilap gitu.mantap tenan mas

    • Miko Fongers Says:

      Mas Sugiduit, no frame diawali angka 26 artinya sepeda tsb dibuat th 1926, jawaban detailnya bisa ditanyakan Mas In’s Van Ros.
      Agar sepeda mengkilat harus disemir atau diberi silikon yg biasa dipake utk pengkilat motor.

  5. mantap!!! jempol empat untuk sepedanya mas…

  6. daniel_kristanto Says:

    salam kenal mas,sy mau tanya apakah supitan belakang sepeda ini memang berbentuk seperti itu?
    (supitan atas dibawah sadel)

    • in's van ros Says:

      @ mas Daniel, dr beberapa BB yang sudah kami tampilkan memang supitan yang dibawah sadel seperti itu adanya. Bisa dilihat di BB60 1922 milik foc, BB60 1922 warisan ke-2, BB60 1926 dan 1925 ini. Bentuknya ternyata berbeda dengan BB60 1930 an, bisa dilihat dipostingan sebelumnya.

  7. mau tnya mas2 semua, aku br saja dikirimi sm tmn frame fg HZ65, ballhof fg, stang atas buntu, hongste tanpa sabukan, dgn no frame diawali dgn huruf N..3 dgit angka, klo aku liqat th pembuatan 1946-47, pertanyaanya Hz di produksi smpe th brp? Apakah ada Hz dgn ciri2 trsebut diatas? Trima ksih banyak,..salam onthel…

  8. Miko Fongers Says:

    Thanks All,
    Salam kenal dari Pasekum Jember.

  9. koselaprob Says:

    mas bro ternyata masih banyak fosil-fosil BB yg terungkap mantaap banget. salam kenal dari yg punya BB 1926 KoselaProb

  10. aku juga mau boss

  11. mas klau itu di jual kira-kira laku brp?

Tinggalkan komentar