Fongers BB60 1928 (was-was membawa nikmat)

Seringkali penantian sebuah idaman menghadapi tantangan yang tidak mudah tetapi ada kalanya muncul kemudahan setelah sekian lama menghadapi ketegangan karena menunggu. Mungkin karena khawatir keduluan orang atau si pemilik takut berubah pikiran. Hal ini sungguh mungkin terjadi, seperti yang pernah dialami oleh sahabat FOC dari Purwokerto ini, Mas Djiran. Berikut penuturannya saat mendapatkan Fongers BB60 1928 yang paling dibanggakannya:

“Sepeda ini didapat dari seorang mantan pejabat di Kabupaten Banyumas. Memerlukan waktu dua bulan untuk membujuk sang mantan birokrat supaya melepas sepedanya, yang bikin gak tenang sepeda ini dipajang di samping joglo rumahnya yang hampir tiap hari kedatangan tamu yang memungkinkan banyak orang yang tahu keberadaan sepeda ini. Alhamdulillah berjodoh ke saya”. Gak apa-apa mas, anaknya gak dapat, sepeda yang didapat…….

“Kondisi sepeda seperti di gambar dengan velg depan Lepper 36, velg belakang kron frinz FG 40, kunci jam merk Schlieper dan hanya beberapa bagian saja yang saya ganti, seperti sadel lama diganti dengan Hygia FG orisinil dan pedal awalnya merk 200 diganti dengan pedal Fongers made in Tegal.

1

Type BB 6014 Framenumber 2868-5415

Mas Djiran…kulo ijin sedikit membahasnya…..

Sungguh suatu penampakan yang luar biasa, penampakan cat hampir lebih dari 90% utuh dengan guratan strip hijau khas fongers yang masih jelas dan tampilan transfer merk yang semakin menambah indah. Menurut saya, sepeda ini sudah sangat original terutama dari spesifikasi utama dari sebuah sepeda fongers tua yaitu Stir kemudi, unit rem, Gir tengah, fork depan dan supitan belakang adalah hal utama dari sebuah fongers idaman.

2 3

Stir kemudi merupakan ciri dari BB opsi rem botol, dimana pelatuk rem depan berada persis di tengah kepala stir dan pelatuk rem belakang sedikit di sisi kiri kepala stir. Segitiga pengungkit rem depan pastilah bukan model baut tapi menggunakan model kait yang merupakan spec mutlak untuk rem botol. Ciri utama lain yang kadang dilupakan adalah tidak ikut bergeraknya selubung tuas rem yang diapit dua dudukan kuku macan ketika tuas rem digerakan (hal ini berbeda dengan stir rem “U” yang selubungnya ikut bergerak).

4 5

Rem botol yang cantik bukan……..? (tapi…gulungan kabelnya disingkirkan neh….). Opsi rem botol selalu menggunakan model kait untuk menghubungkan tiap kawat tarikannya dengan tiap pengungkitnya.

6 7

Supitan/ fork belakang menggunakan model double pengatur roda yang umumnya sering kita temukan pada BB di atas 1925 (???). Dudukan as roda depan/ belakang menggunakan model “C” munduk (FOC red)

9 10

Untuk piringan/ gir tengah sudah sulit dibahas lagi. Sudah top  markotop…..!

12

13 13a

Katengkas menggunakan bahan metal dan menggunakan tutup dengan lubang seukuran sedikit lebih besar dari diameter AS tengah. Saat membukanya otomatis stang pengayuh harus dicopot terlebih dahulu. Tutup katengkas model ini pernah juga kami temukan pada BB 1927 dan beberapa di tahun 30 an. Katengkas ini pastinya original, terlihat baut pengaitnya pada body frame masih pada kedudukannya.

Berikut kami tampilkan beberapa aksesoris yang melengkapinya:

Pedal made in Tegal Garang16 Stopan yang lucu dan manis
17
Shifter SA tua18 Tiang slebor yang cantikDSC02725

Demikian sajian pada kesempatan kali ini. Kami, FOC team mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mas Djiran-Purwokerto atas postingan fongers kebanggaanya. Semoga menjadi inspirasi bagi semua orang, untuk tidak slalu was-was dalam menunggu sebuah penantian. Ingat…..kalo sudah jadi rejekinya tidak akan kemana-mana.

Sidoarjo, 24 April 2012

FOC Team

Iklan

14 Tanggapan to “Fongers BB60 1928 (was-was membawa nikmat)”

  1. syariahmad1 Says:

    wah mantap gan

  2. keren sekali sepedany om 🙂 barang langka

  3. ruleztrabas Says:

    wawawwwww…..sesuatu bgt yahhh….keren

  4. Trimbil di minggir Says:

    akhirnya… tidur nyenyakkkkkkk…..

  5. Trimbil di minggir Says:

    ha…ha…ha… 2 bulan nunggu barang pasti (bagus)yang tidak pasti (dilepas)… salam dari jogja istimewa…

  6. joyo2009 Says:

    muantab,..

  7. faried konstan Says:

    Sieep,..
    Pngen pelek kronprinz-nya.??hehehe.

  8. wawan ngonthel aja Says:

    mantap poooool…………
    semoga sepeda ini terawat dengan baik.

  9. judule koyo sinetron, maturnuwun om in’s

  10. judule koyo sinetron “was-was membawa nimat” .. he he he maturnuwun om in’s

  11. in's van ros Says:

    selamat buat mas Djiran…!

  12. tanggapan pertama : Mantafff , sepeda yg patut menjadi kebanggaan. selamat ya….

  13. D 7054 W Says:

    good Fongers…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: