Sabar Berburu demi si double-Bi enampuluh

Banyak kisah pahit-getir perburuan yang mesti dilalui demi sepeda impian. Kebanyakan karena pemburu tidak sabar dengan impiannya jadi mendapatkan bongkar pasang, tambal sulam, tukar tambah sepeda akibat kekecewaan hasil buruannya yang tidak sesuai dengan impian.
Nah.., kisah pemburu yang satu ini lain daripada yang lain. Albert Hitijahubessy namanya, setia memimpikan sebuah fongers BB, sabar berburu, tahan tidak berburu yang lain, sampai impiannya terwujud.
Berikut penuturan kisahnya…..
Pemburu yang baik, hanya membutuhkan satu peluru untuk satu buah kepala macan. Tapi mereka membutuhkan waktu yg lama untuk menyusuri jejak sang macan, mereka bersabar dalam mencari sarang sang macan, bahkan mereka mencari posisi dan waktu yang tepat saat menembak sang macan ( anonim).
Penantian dan pencarian…
Dua kata itu yang saya lakukan dalam kurun waktu 14 tahun terakhir. Suatu masa panjang untuk melamun dan bermimpi menggowes Fongers BB60. Masa-masa perburuan yang melelahkan untuk memilikinya karena dihantui kegagalan dan frustasi mulai mendera. Betapa tidak, sebuah janji foto prawedding dengan Fongers BB 60 tidak terwujud karena gagal memperoleh property foto tersebut.
Kini masa masa perlamunan tersebut telah berakhir. Lewat lantaran sahabat-sahabat pecinta Fongers yang merekomendasikan sebuah jalan perburuan hingga impian saya terwujud. Sebuah Fongers BB 60 dengan frame number 36251 kini menghiasi hati dan keluarga saya. Suatu momentum kesejarahan karena inilah pertama kalinya saya membeli sepeda tua, yang benar-benar saya impikan, dan sepeda ini akan menjadi milik keluarga saya karena kami akan membuat foto after wedding bersama istri, anak dan tentunya Fongers BB60. sungguh sebuah penunaian janji  yang dinegoisasi ulang dengan lebih lengkap.
Berikut tampilan lebih detailnya dari fongers BB60 362-51
Fongers BB60 opsi rem tromol
Steer model Tromol
Ballhofd dengan mangkokan terpisah dari bodyframe
Pengunci Steer model putar
Tromol depan 36 SA dirral dan garpu dgn dudukan AS mulus khas type BB
Tromol SA type KB three speed dan model dudukan AS belakang umum ditemukan pada model H/D dan Hf/Df
Crank model obat nyamuk 50
Pedal tua “biasa” tapi memberikan kesan serasi
Type BB60
No. Seatlug 362-51
no barrel 239051
Dokumen produksi Fongers- Groningen
Berdasarkan dokumen diatas Fongers BB 60 ini diproduksi tahun 1936, serie 2 produksi yang ke 51. Tertera angka 10, artinya sepeda yang paling sempurna dari serie BB lainnya, lengkap dengan aksesorisnya. Sepeda itu diserahterimakan ke toko Avis Surabaya, pada 16 Agustus 1939.
Sisa-sisa guratan masa lalu….:
Terakhir ucapan terimakasih kepada sahabat-sahabat onthelis yang telah membantu saya dalam melewati proses perburuan dan penantijan
#fongers for a life#
Albert (Fongers) Kristanto Hitijahubessy
Iklan

14 Tanggapan to “Sabar Berburu demi si double-Bi enampuluh”

  1. buat selamat om Albert…ini hanya krn berkat Tuhan yg besar, dgn sabar bisa menemukan farian fongers BB yg langka ini, sekaligus dapat menginspirasi para sahabat fongers tuk meneruskan perjuangan mencari dan mendirikan fosil BB yg banyak d temukan dlm kondisi tdk lngkap,,,,,

  2. Galih A.S Says:

    walopun sempurna tetap rem botol yang ku suka…………..

  3. Semua orang pasti kepingin punya Fonggres BB Namun Apadaya keluarannya yang sangat terbatas, sehingga untuk mendapatkannya sangat sulit sekali dari pada mencari yang lainnya. Kebetulan juga dirumah masih ada sepeda peninggalan eyang yaitu Gazelle Perempuan dengan seri 1125625 dan seri 96……..dan yang terakhir ser 43………Yah semua masih 95% aslinya.
    SAlam ontelis Indonesia
    Komang Arya BALI HP. 08123807806.

  4. in's van ros Says:

    ikut senang dan bangga…

  5. Sebuah penantian panjang yang sesuai harapan, apalagi BB 60 opsi rem tromol adalah varian terbaik yg sangat langka. Fongers bukan sekedar sepeda, namun merupakan artefak yang sangat otentik, dengan data yang masih bisa kita lacak di museum groningen. Selamat & salam kenal…

  6. trimbil di minggir Says:

    kesabaran dan keberuntungan.. kadang bisa seiring sejalan…

  7. Ki Joeniawan Says:

    Selamat Mas …..
    Sebuah realita yang sangat mengagumkan dari pecinta onthel.

  8. Terima Kasih Kepada keluarga besar FOC yang telah memberikan kesempatan kepada saya melalui blog ini.
    Matur suwun Kagem Pak Zamane dan sedulur dulur saking cirebon
    Terima Kasih Kepada Pak Otnas yang telah memberikan hal detail yg menjadi “pencerahan” wawasan tentang fongers BB

    Semoga Blog ini bisa menjadi sarana silaturahim, para onthelis yang tersebar di seluruh Nusantara bahkan Dunia.

    Terima Kasih Banyak

    Albert (Fongers) Kristanto Hitijahubessy

    #Fongers for a life #

  9. Ceritanya menginspirasi saya bgt mas. Saya juga setahun terakhir ini dlm proses hunting part BB 60 1925. Dgn cerita sahabat FOC diatas, semangat saya jadi makin bertambah. Semoga nasib baik memihak saya, amin…

  10. Otnas Says:

    Selamat Buat Pemiliknya….
    Menurut saya, Sepeda ini terlihat manis, tampil bersahaja dan apa adanya. Meskipun demikian tatap saja ia memancarkan keanggunan yang mempesona. Dari penampakan fisiknya saja sudah tergambar jelas, seakan ingin menegaskan otentitas jati dirinya sebagai sepeda berkelas.
    Saya mengapresiasi sekaligus berterima kasih atas di “temukan” (dipostingnya) sepeda ini. karena setidaknya dengan dipostingnya fongers BB-60 opsi rem tromol ini telah memberikan pencerahan dan semakin menambah wawasan kita tentang sepeda Fongers, dan lebih spesifik lagi Fongers type BB…….
    Andai saja sepeda ini tidak diketemukan dalam kondisi utuh dengan cat body yg masih menegaskan keorisinilannya, barangkali mungkin akan ada bayak yang meragukan keotentikannya. karena sepeda ini memiliki ciri beberapa perbedaan dibanding Fongers BB kebanyakan. pebedaan itu seperti bentuk head tubenya yg tidak memiliki sabukan tapi menggunakan mangkokan biasa, bentuk steering lock yg seperti type HZ serta bentuk supitan belakangnya yg seperti Type H/D…. Sekali lagi Selamat.

    • Selamat mas. Ibarat naik sepeda, kita hrs selalu bergerak utk menuju cita”. Boleh dong lain kali kita diberi info utk BB60 yg dijual, krn sekian lama mencari sulit utk menemukan yg utuh. Tks

  11. in's van ros Says:
      selamat…..! & trimaksh atas partisifasinya di blog ini…
  12. Penantian yang mengagumkan,
    Selamat
    Salam dari sedulur Tjirebon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: